Eight Merdeka.com

Kincir angin belanda. shutterstock

Merdeka.com – Dalam beberapa tahun terakhir, energi alternatif telah menjadi subjek Alternative Energy perhatian dan perdebatan yang intens.

Berkat ancaman perubahan iklim, dan fakta bahwa suhu rata-rata worldwide terus meningkat dari tahun ke tahun, dorongan untuk menemukan bentuk-bentuk energi yang akan mengurangi ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil, batu bara, dan metode pencemaran lainnya semakin meningkat secara alami.

Meskipun sebagian besar konsep energi alternatif bukanlah hal baru, baru dalam beberapa dekade terakhir masalah ini menjadi mendesak.

Dan berkat peningkatan teknologi dan produksi, biaya sebagian besar bentuk energi alternatif telah turun sementara efisiensi terus meningkat. Tapi apa sebenarnya manfaat energi alternatif itu? Berikut merdeka.com merangkum manfaat energi alternatif beserta pengertian dan jenisnya:

2 dari 6 halamanMengenal Energi Alternatif

Secara alami, ada beberapa perdebatan tentang apa arti “energi alternatif” dan apa yang dapat diterapkan. Di satu sisi, istilah tersebut dapat merujuk pada bentuk energi yang tidak meningkatkan jejak karbon manusia. Dalam hal ini, dapat mencakup hal-hal seperti fasilitas nuklir, pembangkit listrik tenaga air, dan bahkan hal-hal seperti gas alam dan “batubara bersih”.

Di sisi lain, istilah ini juga digunakan untuk merujuk pada apa yang saat ini dianggap sebagai metode energi non-tradisional, seperti matahari, angin, panas bumi, biomassa, dan tambahan terbaru lainnya. 

Faktor lainnya, sumber energi alternatif dianggap “bersih”, artinya tidak menghasilkan polutan yang merugikan. Polutan yang dimaksud merujuk pada karbon dioksida tetapi juga emisi lain seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, dan lain-lain. 

Dalam parameter tersebut, energi nuklir tidak dianggap sebagai sumber energi alternatif karena menghasilkan limbah radioaktif yang sangat beracun dan harus disimpan.

Namun, dalam semua kasus, istilah ini digunakan untuk merujuk pada bentuk energi yang akan menggantikan bahan bakar fosil dan batu bara sebagai bentuk utama produksi energi dalam dekade mendatang tulis universetoday.com.

three dari 6 halamanJenis Energi Alternatif

Tegasnya, ada banyak jenis energi alternatif. Sekali lagi, definisi masih menjadi perdebatan, dan istilah tersebut telah digunakan di masa lalu untuk merujuk pada metode apa pun yang dianggap non-mainstream pada saat itu. 

Tetapi menerapkan istilah secara luas yang berarti alternatif untuk batu bara dan bahan bakar fosil, itu dapat mencakup salah satu atau semua hal berikut:

Ini mengacu pada energi yang dihasilkan oleh bendungan pembangkit listrik tenaga air, di mana air yang jatuh (yaitu sungai atau kanal) disalurkan melalui peralatan untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

Energi yang dihasilkan melalui reaksi fisi lambat. Batang uranium atau elemen radioaktif lainnya memanaskan air untuk menghasilkan uap, yang pada gilirannya memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

 Energi yang dimanfaatkan langsung dari Matahari, di mana sel fotovoltaik (biasanya terdiri dari substrat silikon, dan diatur dalam susunan besar) mengubah sinar matahari langsung menjadi energi listrik. Dalam beberapa kasus, panas yang dihasilkan oleh sinar matahari juga dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik, yang dikenal sebagai tenaga panas matahari.

Energi yang dihasilkan oleh aliran udara, di mana turbin angin besar diputar oleh angin untuk menghasilkan listrik.

Energi yang dihasilkan oleh panas dan uap yang dihasilkan oleh aktivitas geologi di kerak bumi. Dalam kebanyakan kasus, ini terdiri dari pipa yang ditempatkan di tanah di atas zona aktif secara geologis untuk menyalurkan uap melalui turbin, sehingga menghasilkan listrik.

Energi yang dihasilkan oleh tali pasang surut yang terletak di sekitar garis pantai. Di sini, perubahan pasang surut harian menyebabkan air mengalir bolak-balik melalui turbin, menghasilkan listrik yang kemudian dialihkan ke pembangkit listrik di sepanjang pantai.

Ini mengacu pada bahan bakar yang berasal dari tumbuhan dan sumber biologis – yaitu etanol, glukosa, alga, jamur, bakteri – yang dapat menggantikan bensin sebagai sumber bahan bakar.

Energi yang berasal dari proses yang melibatkan fuel hidrogen. Ini dapat mencakup konverter katalitik, di mana molekul air dipecah dan disatukan kembali dengan elektrolisis; sel bahan bakar hidrogen, di mana fuel digunakan untuk menggerakkan mesin pembakaran inner atau dipanaskan dan digunakan untuk memutar turbin; atau fusi nuklir, di mana atom hidrogen berfusi dalam kondisi terkendali untuk melepaskan energi dalam jumlah yang luar biasa.

four dari 6 halamanEnergi Alternatif dan Terbarukan

Dalam banyak kasus, sumber energi alternatif juga dapat diperbarui. Namun, istilah tersebut tidak sepenuhnya dapat dipertukarkan, karena fakta bahwa banyak bentuk energi alternatif bergantung pada sumber daya yang terbatas. 

Misalnya, tenaga nuklir mengandalkan uranium atau unsur berat lainnya yang harus ditambang.

Sementara itu, tenaga angin, matahari, pasang surut, panas bumi, dan hidroelektrik semuanya mengandalkan sumber daya yang seluruhnya terbarukan. 

Sinar matahari adalah sumber energi yang paling melimpah dari semuanya dan, meskipun dibatasi oleh cuaca dan pola diurnal, bersifat abadi, dan karenanya tidak pernah habis dari sudut pandang industri. Angin juga konstan, berkat rotasi bumi dan perubahan tekanan di atmosfer kita.

five dari 6 halamanManfaat Energi Alternatif

1. Beberapa sumber energi alternatif tidak menghasilkan polusi

Manfaat energi alternatif yang pertama yaitu beberapa diantaranya tidak menghasilkan polusi. Tenaga angin memberi kita keuntungan karena tidak menghasilkan polusi yang mencemari lingkungan. 

Tidak ada proses kimiawi yang terjadi selain pembuatan turbin yang berputar saat angin bertiup. Artinya, pembakaran bahan bakar fosil dijaga seminimal mungkin selama proses pembuatan. Lebih sedikit produk sampingan berbahaya tertinggal dengan opsi ini juga.

Energi surya dan hidroelektrik menawarkan manfaat ini pada tingkat yang lebih rendah. Energi panas bumi sering dianggap sebagai pilihan terbaik karena Anda dapat mengaksesnya kapan saja setelah dipasang tanpa mengkhawatirkan emisi.

2. Ini memberi kita kesempatan untuk menggunakan bahan bakar berbasis nabati

Salah satu manfaat energi alternatif yang ditawarkan adalah terciptanya bahan bakar nabati. Keuntungan ini termasuk object seperti etanol dan biofuel alga. 

Pilihan ini bermanfaat bagi lingkungan karena produk yang digunakan untuk membuatnya menyerap karbon dioksida dari atmosfer sebanyak yang dilepaskan saat digunakan. Itu berarti konsumsi bersih kita tetap sama meskipun memperhitungkan semua emisi.

Struktur ini memberi kita sumber daya bahan bakar yang secara inheren dapat diperbarui. Bahkan ketika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang lebih tinggi, biomassa tambahan yang dibutuhkan untuk membuatnya masih menyerap karbon dioksida sebanyak yang kita buat.

three. Energi alternatif bekerja dengan keselarasan infrastruktur kita saat ini

Di beberapa negara maju, mereka dapat menggunakan item energi alternatif dengan infrastruktur negara tersebut. Saat kita membuat listrik dari tenaga air, matahari, atau turbin angin, lalu mengalir melalui jaringan yang ada dan masuk ke rumah dan bisnis kita. 

Instalasi energi panas bumi bekerja dengan sistem HVAC yang mendistribusikan kebutuhan pemanas dan pendingin ke lingkungan dalam ruangan. 

Bahkan sesuatu seperti biofuel alga dapat melalui proses penyempurnaan yang sama seperti minyak mentah untuk menciptakan produk yang dapat digunakan untuk berbagai kendaraan melansir dari laman futureofworking.com.

United Airlines telah menggunakan campuran biofuel dari sumber berbasis ganggang hingga 40% dari kebutuhan mereka.

four. Tidak menghadapi ancaman kepunahan sumber daya yang sama dengan energi alternatif

Jika kita melihat kondisi minyak mentah, batu bara, dan bahan bakar fosil lainnya saat ini, jumlah ketersediaan yang tersisa kurang dari 60 tahun dengan cadangan yang diketahui. 

Entah itu menghilang dalam 60 tahun atau 600 tahun, manusia suatu hari akan perlu mencari cara lain untuk memiliki akses ke energi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Energi alternatif segera menghilangkan masalah itu. Jika matahari terus bersinar, maka kita memiliki akses ke energi matahari. Kehangatan sinar matahari membantu terciptanya energi angin yang kita gunakan. 

Selama planet kita memiliki air, maka kita dapat menggunakan pengumpul pasang surut dan struktur pembangkit listrik tenaga air. Keberadaan dunia kita memungkinkan adanya energi panas bumi. Tak satu pun dari itu akan hilang.